Home
Back
Info Dharma
Galleria

3 Jalan Mengatasi Racun Samsara
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih SpiritualBagian 4 -  Wisnu Prakasa")

1. Menghindar sumber awal racun samsara.
2. Merubah dari segi negatif ke segi positif.
3. Manfaatkan segi positifnya.

Disaat pertama kali kita mengetahui adanya racun samsara, sebaiknya kita berusaha untuk terus menghindar dari keadaan dan lingkungan yang dapat menjerumuskan kita pada racun samsara.

Sebagaimana halnya kita mengetahui bahwa rasa marah adalah salah satu racun samsara, maka kita harus menghindar dari penyebab timbulnya rasa marah. Bila rasa marah ini timbul pada saat bertemu seseorang yang pernah menyakiti hati kita, cobalah untuk selalu menghindari tempat yang memungkinkan kita tidak saling bertemu.

Kadangkala kita tetap akan berhadapan kembali dengan rasa marah dan penyebabnya, walaupun kita berusaha untuk mencoba menghindarinya. Dalam hal ini selanjutnya diperlukan langkah kedua, untuk merubah sesuatu yang negatif menjadi lebih positif.

Sebagai contoh, kita tanpa sengaja bertemu dengan orang yang pernah menyakiti kita tersebut. Maka di hati ini timbul rasa marah yang mulai menguasai diri kita. Cobalah untuk merubah rasa marah ini, menjadi rasa cinta kasih dengan mulai berpikir secara positif. Carilah segi positif dari orang tersebut, dan jangan terpengaruh lagi segi negatifnya. Cobalah untuk berpikir tentang kebaikan yang pernah mereka lakukan.

Atau bagi mereka yang masih sulit merubah cara berpikir, dapat menggunakan mantra sebagai alat untuk menetralisir rasa marah yang akan timbul. Cobalah untuk membaca mantra welas-asih terus menerus didalam hati, hingga rasa marah ini akan berkurang perlahan-lahan.

Cara ketiga adalah dengan memanfaatkan segi positifnya bagi mereka yang telah dapat menguasai cara kedua. Bilamana kita mengetahui bahwa orang tersebut telah menyakiti hati kita, sehingga bila kita bertemu dengannya akan menimbulkan rasa marah pada diri kita. Gunakanlah hal ini sebagai suatu perbuatan Dharma. Caranya ?

Janganlah kita menghindar, tetapi kita harus memahami bahwa mereka ini mungkin merupakan jelmaan perbuatan dari para Budha dan Bodhisatva yang membantu untuk membersihkan dan melunasi karma buruk kita. Tanpa mereka, apa yang selama ini kita pelajari tentang dharma sangatlah sulit dibuktikan. Sekarang saatnya kita berterima kasih terhadap mereka, yang secara langsung maupun tidak langsung telah meningkatkan pemahaman Dharma kita.

Setelah kita memahami bahwa perbuatan merekapun dapat membantu latihan Dharma kita, maka temuilah mereka dengan senang hati. Bilamana kita dapat melakukan ini tanpa merasa dibuat-buat atau terpaksa, maka manfaatnya akan terasa dalam pemahaman Dharma yang sesungguhnya.

Semua ini hanyalah salah satu contoh dalam memahami 3 cara mengatasi racun samsara, cobalah untuk memahami intisari contoh diatas. Maka kita akan menemukan banyak kejadian yang secara tidak kita sadari akan banyak membantu dalam latihan Dharma kita, dan kita secara tidak langsung telah memasuki tahap awal latihan meditasi dalam perbuatan.

 

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.