Home
Back
Info Dharma
Galleria

8 Persembahan Sederhana
(dikutip dari buku "
Kisah-Kasih SpiritualBagian 14 -  Wisnu Prakasa")

Ada 8 macam persembahan yang bisa dilaksanakan, dan tidak membutuhkan banyak pengeluaran materi. 8 Persembahan Sederhana ini tidak membutuhkan banyak materi, sehingga bisa dilakukan oleh semua umat. 

  • Yang pertama adalah Persembahan Tenaga, artinya kita bekerja untuk melayani kebutuhan sesama, seperti menjadi pengurus vihara, menjaga dan membersihkan vihara dan altar, melayani Guru, umat lain, dsb.

Kunci utama dari Persembahan Tenaga adalah: "Melayani mahluk lain, sebagaimana kita MELAYANI Para Mahluk Suci".

  • Yang kedua adalah Persembahan Hati, artinya mempersembahkan hati yang penuh kasih bagi sesama. Walau telah memberikan persembahan tenaga, tetapi tetap saja kadang umat lain tidak berterima kasih, bahkan sebaliknya mencela jerih payah kita. Untuk ini kita harus memberikan persembahan hati spiritual dengan iklas, sehingga celaan umat lain akan menjadi motivasi kita untuk bekerja lebih keras dan lebih baik lagi.

Kunci utama dari Persembahan Hati  adalah: "Menerima celaan mahluk lain, sebagaimana kita MENERIMA Nasehat dan Ajaran para Mahluk Suci".

  • Yang ketiga adalah Persembahan Penglihatan, artinya  mempersembahkan pandangan yang baik dan indah bagi orang lain, sehingga mereka merasa senang dan tenang. Jikalau kita melihat adanya kekotoran atau sampah di dalam vihara, maka kita langsung tergerak untuk membersihkannya.

Kunci utama dari Persembahan Penglihatan adalah: "Bagaikan kita  MEMBERSIHKAN tempat tidur  para Mahluk Suci".

  • Yang keempat adalah Persembahan Penampilan, yaitu memberikan penampilan yang cerah dan penuh senyum, sehingga mereka merasa gembira dan terhibur. Dengan berpakaian rapih dan bersih, wajah selalu cerah dan murah senyum. Kita sebenarnya telah membuat suasana menjadi lebih cerah dan hidup.

Kunci utama dari Persembahan Penampilan adalah: "Bagaikan kita  MENYAMBUT kedatangan  para Mahluk Suci".

  • Yang kelima adalah Persembahan Ucapan, berupa kata-kata yang ramah dan sopan, sehingga mereka merasa senang dan dihargai. Hanya dengan satu kata "Terima Kasih", akan menghasilkan ketenangan dan kegembiraan bagi yang mendengarnya, dengan demikian kita telah mempersembahkan suatu kebahagiaan yang tidak terhingga bagi mahluk lainnya.

Kunci utama dari Persembahan Ucapan adalah: "Bagaikan kita melafalkan Mantra dan Sutra dihadapan para Mahluk Suci".

  • Yang keenam adalah Persembahan Waktu, memberikan waktu kepada orang lain yang membutuhkan kita untuk menemaninya. Walaupun kadang kita tidak dapat membantu masalah orang lain, tetapi dengan  berada disampingnya ketika mereka dalam kesusahan, secara tidak langsung kita telah membantunya secara moril.

Kunci utama dari Persembahan Waktu adalah: "Bagaikan kita menemani para Mahluk Suci".

  • Yang ketujuh adalah Persembahan Singhasana, yaitu mempersilakan orang lain untuk duduk di tempat kita.

Kunci utama dari Persembahan Singhasana adalah: "Bagaikan kita  mempersilahkan para Mahluk Suci untuk duduk ditempat kita".

  • Yang kedelapan adalah Persembahan Tempat Berteduh, memberikan orang lain yang membutuhkannya untuk mampir, berteduh, atau bermalam di tempat kita.

Kunci utama dari Persembahan Tempat Berteduh adalah: "Bagaikan kita  mempersilahkan para Mahluk Suci untuk bermalam di rumah kita".

8 Persembahan Sederhana ini adalah cara yang sederhana dan termudah, karena dapat dilakukan oleh siapapun juga setiap saat. Tetapi dapat saya pastikan, bahwa manfaatnya akan jauh melebihi dari segala macam Persembahan-Persembahan lainnya.

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.