Home
Back
Info Dharma
Galleria

Diperabukan Atau Dikubur ?
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih SpiritualBagian 9 -  Wisnu Prakasa")

Bertahun-tahun saya bersama guru utama saya, Wanita Berjubah Biru, membantu para roh yang mengalami berbagai halangan dalam mencapai alam yang semestinya dan alam yang lebih baik.

Kami banyak memberikan ajaran dan petunjuk bagi mereka, untuk melepaskan keterikatan dan kemelekatan pikiran yang memperdayanya.

Kami banyak membantu melepaskan kemarahan dan rasa dendam yang selama ini menjeratnya.

Kami banyak membantu menyelesaikan kesalah-pahaman antara roh-roh yang demikian dengan para manusia.

Setiap tahun kami mengadakan upacara Cauw-Tu bagi para roh-roh yang demikian di berbagai tempat, agar mereka tersadarkan dan terlepas dari segala sumber kemelekatan pikiran mereka.

Walau saya masih memiliki pengalaman yang sangat minim dalam alam roh-roh yang demikian, saya ingin memberikan sedikit petunjuk yang kiranya dapat membantu para mahluk.

Bagi mereka yang mengalami proses kematian yang tidak wajar dan tenang, seperti mengalami musibah kecelakaan, pembunuhan, bunuh diri, pemerkosaan, dsb. Pilihan untuk membakar jenazah adalah suatu pilihan yang baik. Dimana pembakaran jenazah almarhum, akan mempermudah roh almarhum untuk lebih dapat menerima kematian tubuhnya.

Ketika roh yang masih belum menerima atau mengetahui kematiannya, mereka biasanya harus menerima kenyataan akan kematiannya ketika mengetahui tubuh kasar mereka telah menjadi abu. Walaupun kadang hal ini sangat menyakitkan bagi mereka, tetapi pembakaran tubuh kasar ini merupakan alternatif terbaik yang membantu mereka untuk dapat melepaskan ikatannya dengan tubuh kasarnya.

Bagi almarhum yang mengalami proses kematian yang normal, seperti usia tua. Jenazah dapat dikubur atau dibakar tidak menjadi masalah. Sebaiknya dirundingkan oleh para keluarga lainnya dengan musyawarah dan mufakat, demi kebaikan bersama.

Jika pilihan dikubur, walau tampak lebih menyulitkan, tetapi saya dapat katakan akan memiliki manfaat yang lebih jika dilakukan dengan baik dan benar. Dan kuburan almarhum, sebaiknya dirawat dan dijaga kebersihannya. Ziarah ke kuburan, juga seharusnya dilakukan secara rutin beberapa kali setahun.

Ziarah kekuburan juga memiliki berbagai manfaat yang sangat baik bagi kehidupan duniawi dan spiritual. Semua Manfaat yang didapat, tidak dapat saya ungkapan demi mencegah kesalah pahaman oleh mereka yang tidak dapat melihat atau memahami proses alamiah yang berlangsung.

Saya hanya dapat memberikan satu contoh manfaat yang sangat sederhana dari berziarah ke kuburan. Dengan berziarah kekuburan, perbuatan ini akan membantu dan melatih pikiran kita untuk dapat lebih menerima kenyataaan akan adanya alamiah kematian. Juga untuk mengingatkan kita bahwa kita juga akan mengalami kematian seperti almarhum.

Dengan memahami bahwa kematian pasti akan datang menjemput kita. Pemahaman ini akan membuat kita lebih banyak berbuat kebaikan dan lebih menghindari perbuatan buruk. Inilah salah satu manfaat kecil dari ziarah kuburan, yang dapat membangkitkan motivasi pembinaan kehidupan spiritual kita untuk lebih baik lagi.

Bagi para almarhum yang telah meninggalkan pesan untuk dikubur, saya sangat sarankan untuk mengikuti permohonan terakhir beliau. Walau hal ini tidak sesuai dengan keinginan keluarga lainnya, saya ingatkan dengan sangat agar permohonan almarhun yang diutamakan. Hal ini demi kebaikan almarhum.

Saya ingatkan lagi bahwa walau bukan masalah dibakar atau dikuburnya jenazah almarhum yang menjadi masalah. Tetapi timbulnya kekecewaan dari kemelekatan gambaran pikiran almarhum yang memperdaya kesadaran dan mempengaruhi roh almarhum, yang akan berakibat kurang baik bagi almarhum dan para keluarga lainnya.

Berhati-hatilah dengan permintaan almarhum disaat akhir hayatnya. Jika kita dapat memenuhi permintaannya, sebaiknya kita lakukan. Ini demi memperkecil kemelekatan yang timbul memperdaya almarhum. Pahamilah akan salah satu sifat alamiah dari pikiran, bahwa keinginan yang timbul akan hilang kembali, bila dapat dicapainya. Walau tidak lama tetapi setidaknya, kesadaran akan terbebaskan dari keinginan pikiran tersebut.

 

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.