Home
Back
Info Dharma
Galleria

Hidup mencari uang,
    Uang Perpanjang Hidup
          (dikutip dari buku "Kisah-Kasih Spiritual -  Wisnu Prakasa")

Awalnya hidup untuk mencari uang,
        Kemudian uang untuk memperpanjang kehidupan.

Bersyukurlah mereka memiliki karma baik demikian,
        Karena sedikit sekali mahluk yang memiliki kesempatan ini.
 

Di zaman sekarang, Selama lebih dari separuh hidupnya, manusia terus berusaha dan bekerja dengan giat mengumpulkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Secara tidak terasa waktu berjalan dengan cepat, beberapa orang berhasil mengumpulkan uang yang lebih dari cukup, tetapi sangat banyak orang yang hanya hidup berkecukupan saja. Dan ada pula yang kurang beruntung, sehingga hidupnya dicukup-cukupin sebisanya. Semua ini kembali kepada karma masing-setiap orang.

Waktu terus berjalan tanpa henti, tetapi tubuh kita semakin rapuh dan lemah bersamaan dengan usia yang semakin bertambah. Akhirnya, mulai timbul berbagai macam penyakit yang terus melemahkan tubuh ini. Walau tubuh akan semakin rapuh dan lemah, tetapi manusia harus dapat berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan tubuhnya agar lebih baik lagi.

Bagi mereka yang memiliki karma baik, sehingga berhasil memiliki uang yang lebih dari cukup. Akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk dapat menggunakan uang lebihnya dalam mempertahankan tubuhnya dari penyakit yang terus memperlemah tubuhnya. Dimana, mereka yang memiliki uang lebih, akan memiliki kesempatan lebih baik sehingga dapat memilih dokter dan rumah sakit yang terbaik, bahkan mereka dapat membeli fasilitas teknology dan ilmu kedokteran yang termodern sekalipun.

Dengan demikian, memiliki karma baik sehingga dapat lebih mudah dalam mendapatkan uang yang lebih adalah suatu berkah yang sangat luar biasa. Sehingga uangnya dapat digunakan untuk memperpanjang kehidupannya. Dengan memiliki kehidupan yang lebih baik dan panjang, maka sebenarnya mereka memiliki waktu yang lebih banyak dan panjang untuk membina diri. Dengan memiliki waktu yang lebih banyak dan panjang dalam membina diri, maka pembinaan spirtualnya akan lebih baik lagi.
 

Tidak banyak mahluk yang memiliki karma baik,
    untuk dapat dipermudah dalam mengumpulkan uang.

Tidak banyak mahluk yang memiliki karma baik,
    untuk dapat memiliki kehidupan yang panjang.

Dan sangat sedikit sekali mahluk yang memiliki karma baik,
    untuk dapat memiliki uang berlimpah dan kehidupan panjang.

Untuk itu, Bersyukurlah para mahluk yang memiliki karma baik,
     sehingga berhasil memiliki uang yang lebih,
     dan bermanfaat untuk memperpanjang kehidupannya.

                                                ( Jogya, 3rd day of Waisak 2549 )

 

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.