Home
Back
Info Dharma
Galleria

Jangan Berprasangka Buruk ?
(dikutip dari buku "
Kisah-Kasih Spiritual -  Wisnu Prakasa")

Bila saya berkata “JANGANLAH berpikir tentang gajah!”. Maka pikiran anda secara otomatis tetap akan membentuk bayangan gambar GAJAH, hal ini bertentangan dan bertolak belakang dengan maksud dari apa yang saya katakan. Selanjutnya pikiran mengartikan kata “Janganlah berpikir”, sehingga kemudian pikiran akan melakukan penghilangan gambaran gajah yang pertama tersebut.

Bila saya selalu mengatakan berulang-ulang setiap saat, maka gambaran pikiran “Gajah” dan “Janganlah berpikir” akan membekas didalam pikiran bawah sadar. Inilah salah satu bagian dari proses alamiah dari pikiran, yang harus dipahami bagi pembina kesadaran sejati.

Demikian bila kita terus berpikir untuk TIDAK melakukan hal yang buruk, maka pikiran kita akan membentuk gambaran tentang yang buruk tersebut. Bilamana hal ini berlanjut maka pikiran kita secara tidak sadar terus membentuk gambaran tersebut, maka suatu saat tidak heran bila kita cenderung untuk melakukan tersebut karena pikiran kita telah terbiasa dengan timbulnya gambaran tersebut.

Berpikirlah kearah yang positif, seperti: saya akan menolong seluruh mahkluk hidup. Maka secara perlahan-lahan pikiran kita akan membentuk gambaran ini. Hal ini baik, karena akan menambah rasa Cinta Kasih Mulia didalam pikiran bawah sadar dan bermanfaat sebagai pembinaan kesadaran.

Demikian pula bilamana kita rutin membaca mantra baik dalam hati maupun bersuara. Pembacaan mantra ini akan membentuk bayangan pikiran yang positif dan akan memberikan manfaat sehingga dapat menambah keyakinan didalam kesadaran kita. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, juga diperlukan pemahaman arti mantra yang lebih mendalam.

Mantra yang sering kita lafalkan, semakin lama semakin membekas dipikiran bawah sadar kita.
Walaupun kesadaran sejati belum terbina penuh tetapi bilamana pikiran bawah sadar kita telah terbiasa dengan gambaran mantra yang kita lafalkan, maka pikiran bawah sadar akan dapat memberikan gambaran yang positif di alam mimpi. Inilah salah satu cara menggunakan pikiran bawah sadar untuk menghilangkan kemelekatan pikiran yang tidak baik.

Yang terbaik adalah membina kesadaran sejati, tetapi pada awalnya latihan pembacaan mantra untuk melatih pikiran bawah sadar dapat digunakan sebagai latihan awal.

— Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun —

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright © 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.