Home
Back
Info Dharma
Galleria

Karma Tidak Dapat Dihapus
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih Spiritual -  Wisnu Prakasa")

Wahai para Pembina Spiritual,
Pahamilah kebenaran alamiah Karma ini:
        Ada sebab, ada akibat.
        Apa yang ditanam, apa yang dipetik.
        Walau Berkah Sejuta Buddha tetap tidak menghapus karma.
                            ( Hualien 1999 )

Bagi para pembina Kesadaran Sejati akan memahani kebenaran alamiah karma yang sesungguhnya. Dimana tidak ada satupun berkah, pembinaan dan ajaran yang dapat menghilangkan atau menghapus karma. Bila ada sesuatu yang bisa menghilangkan dan menghapus karma, maka sejak awal dari Budha pertama maka karma akan dihilangkan dan dihapuskan selamanya.

Sejak lampau hingga sekarang dan yang akan datang, para Budha dan Mahluk Suci terus menurunkan berbagai macam ajaran Dharma agar para mahluk dapat memahami alamiah karma yang sebenarnya, sehingga para mahluk dapat keluar dari lingkaran karma yang tanpa awal dan akhir ini.

Demikianlah alamiah dari pembinaan Ajaran Kesadaran Sejati yang diturunkan langsung oleh Bunda Mulia, juga tidak akan pernah dapat menghilangkan atau menghapus karma. Tetapi dengan membina Ajaran Kesadaran Sejati, akan membantu para pembina untuk memahami alamiah karma lebih jelas dan jernih. Segala karma baik, karma buruk, dan karma-karma lainnya yang timbul akan dapat dipahami dengan sebenarnya. Bila dapat memahami alamiah karma dengan sebenarnya, maka para pembina Kesadaran Sejati akan dapat mengendalikan segala karma yang timbul.

Dengan demikian, pembinaan Ajaran Kesadaran Sejati sangat penting untuk mengendalikan  karma yang timbul. Dan bukan Karma yang timbul yang selalu mengendalikan  kehidupan para mahluk, seperti halnya yang dialami sekarang ini oleh seluruh mahluk di alam samsara ini. Dengan kata lain, karma yang timbul tetap tidak akan pernah dapat dikendalikan tanpa adanya pembinaan spiritual, bahkan karma yang timbul selalu menguasai dan mengendalikan kehidupan para mahluk. 

Karma yang mengendalikan kita,
        atau kita yang mengendalikan karma
        untuk menolong seluruh mahluk.
Dengan karma yang sama,
        tetapi sangat berbeda dampaknya.
Inilah alamiah  pembinaan Ajaran Kesadaran Sejati.
                                                                                                 ( Hualien 1999 )

 

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.