Home
Back
Info Dharma
Galleria

Keadaan Menjelang Kematian
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih Spiritual Bagian XIII : Wisnu Prakasa")

Dalam menghadapi kematian diperlukan suatu persiapan dan pemahaman yang mendalam dalam menghadapinya.

Dimana keadaan yang berpengaruh dalam proses menjelang kematian adalah:

1.   Gambaran pikiran yang melekat tentang segala perbuatan yang dilakukan selama hidupnya. Perbuatan yang kurang baik dan perbuatan baik dimasa lampau, kadang kala timbul bergantian sehingga menimbulkan rasa bingung, takut dan khawatir.

2.   Dampak pelepasan energi 5 unsur utama. Dimana para mahluk yang tidak memahami keadaan pelepasan energi unsur akan timbul rasa khawatir, cemas, takut, bingung, dsb.

3.   Keadaan Kesadaran Sejati  pada saat menjelang kematian. Para mahluk yang tidak memahami kesadaran sejatinya akan terjebak oleh gambaran pikiran yang timbul dari pikirannya sendiri. Dimana alam kehidupan yang akan datang dari mereka tidak lagi ditentukan oleh kesadaran sejatinya, tetapi terbawa kembali kedalam alam samsara dari gambaran pikiran.

Para mahluk yang telah membina kesadaran sejatinya, merupakan mahluk yang sangat beruntung. Dimana mereka yang kesadaran sejatinya telah terbangkitkan, akan menggunakan kesempatan yang sangat berharga ini untuk melepaskan dan membersihkan segala karma yang telah mereka lakukan selama kehidupannya.

Dengan melepaskan segala karma, maka kesadaran sejati dapat menyatu tunggal dengan semesta alam. Inilah pencapaian yang sebenarnya dalam proses menjelang kematian

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.