Home
Back
Info Dharma
Galleria

Master Spiritual dan Murid
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih SpiritualBagian 7 -  Wisnu Prakasa")

Master spiritual bukan hanya sebagai mahluk hidup ataupun mahluk manusia biasa, tetapi para master adalah mahluk spiritual yang memiliki pengetahuan spiritual tentang siapakah dan apakah jati diri para mahluk yang sesungguhnya. Inilah salah satu sifat dasar alamiah bagi para master spiritual.

Sebelum mencapai tahap sebagai master spiritual, seorang master harus dapat menjadi master sejati bagi dirinya sendiri. Kesadarannya tidak lagi dapat terperdaya oleh gambaran pikirannya, sehingga pikirannya tidak lagi dapat memperbudak jati diri yang sesungguhnya. Maka kesadaran yang selalu jernih akhirnya dapat menjadi master sejati dalam dirinya.

Latihan dan pembinaan kehidupan spiritual para master spiritual akhirnya membuahkan hasil yang baik sehingga para master spiritual tidak hanya telah menjadi master terhadap jati-dirinya, tetapi para master dapat membimbing para muridnya untuk menjadi master dalam kehidupan spiritualnya.

Dengan kesabaran para master spiritual selalu membimbing murid-muridnya, tetapi sangat disayangkan tidak seluruh murid dapat memahami kehidupan spiritual dari gurunya. Beberapa murid banyak membantu dan mempermudah tugas dari gurunya, tetapi beberapa murid lainnya hanya membuat tugas dan pengorbanan gurunya menjadi lebih sulit dan sia-sia.

 

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.