Home
Back
Info Dharma
Galleria

Master Spiritual
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih SpiritualBagian 3 -  Wisnu Prakasa")

Seorang Master Spiritual tidak hanya memiliki pengetahuan spiritual tetapi dirinya telah menjadi master dalam kehidupannya yang sekarang dan yang akan datang. Untuk menjadi seorang master spiritual, diperlukan suatu latihan dan pembinaan sehingga dirinya dapat menjadi mahluk spiritual. Dengan membina diri menjadi mahluk spiritual, maka dirinya akan mengalami sendiri kehidupan spiritual yang sesungguhnya,

Pencapaian seorang master spiritual tidak dapat dihitung dengan berapa lama mereka telah memperdalam kehidupan spiritualnya. Tingkat pencapaian dari para master spiritual hanya dapat dipahami dari kejernihan Kesadaran Sejatinya, dan tingkat Cinta Kasih dan Kemuliaannya terhadap mahluk-mahluk lainnya.

Pendidikan Master Spiritual tidak berdasarkan pendidikan formal umum. Pengetahuan Spiritual yang sebenarnya tidak dapat dipelajari dan dipahami hanya dari pendidikan sekolah, yang kemudian lulus mendapatkan gelar. Pendidikan Spiritual bukan pula berdasarkan hanya karena telah dapat menghafal dan mengetahui seluruh isi buku-buku pengetahuan agama.

Pendidikan Spiritual tidak perlu dihafal dan tidak membutuhkan rumus dan formula apapun. Pendidikan spiritual tidak dapat dipelajari dengan cara dan metode yang sama dari pengetahuan umum lainnya. Mereka yang semakin dalam pengetahuan spiritualnya akan merasa semakin banyak yang tidak diketahuinya. Sehingga bukan sesuatu yang berlebihan bila seorang master spiritual bila ditanya tentang apa yang telah didapat dalam membina kehidupan spiritualnya, maka dirinya hanya akan berdiam diri, atau ada pula yang menjawab dengan singkat: "Tidak ada".

Mungkin banyak yang mengira bahwa master tersebut hanya merendah diri. Saya pastikan bahwa jawaban tersebut merupakan jawaban yang jujur apa adanya tanpa maksud merendah diri. Dengan mengetahui dengan apa yang telah dipelajari dalam kehidupan spiritualnya, dirinya memahami bahwa dalam kehidupan spiritual dirinya tidak lagi tergantung dan terikat dengan bentuk dan konsep apapun. Semua pencapaian yang dirasakan sebenarnya sejak awal telah ada, sehingga segala pencarian tidak lagi perlu dilakukan. Pencapaian kehidupan spiritual, hanya memerlukan pemahaman dan pembinaan akan kejernihan kesadaran.

Tidak bekerjanya konsep atau teori ilmu pengetahuan manapun, karena pemahaman yang sebenarnya dari pembinaan kehidupan spiritual memang tidak terbatas kemampuan daya pikir saja. Hal disebabkan karena daya lingkup ruang pikiran sangat kecil sekali dibandingkan dengan daya lingkup kesadaran sejati yang tanpa batas. Para mahluk umum biasanya selalu terbungkus oleh pikirannya, sehingga kebenaran yang tanpa batas dari kesadaran tidak lagi dapat dipahami.

Mereka yang berusaha untuk memahami pengetahuan spiritual berusaha untuk melakukan segala cara dan teknik, dan banyak pula yang memutuskan untuk memahaminya dengan tidak melakukan apapun. Semua cara yang dijalankannya akhirnya hanya akan membuat dirinya berputus-asa dalam pencarian yang tanpa henti.

Pemahaman pengetahuan spiritual tidak dapat dicapai dan dipahami dengan berpikir, dan juga tidak dapat ditemukan dengan berpikir maupun tidak berpikir. Pemahaman pengetahuan spiritual hanya dapat dicapai dan dipahami dengan kesadaran yang jernih dan terbebaskan dari gambaran pikiran apapun.

Kesalahan umum yang dilakukan manusia dalam mencari kehidupan spiritual adalah mereka secara tidak sadar dirinya telah membentuk suatu bentuk konsep dalam pikirannya. Walaupun dirinya berusaha untuk tidak membentuk konsep apapun, tetapi ketika mencoba untuk tidak melakukan apapun maka secara tidak sadar mereka telah menciptakan juga "konsep tidak melakukan apapun" didalam pikirannya.

Cobalah anda lihat pencapaian spiritual anda. Berapa lama anda menjalankan kehidupan spiritual, dan apa yang telah dicapai ? Seluruh pencapaian yang anda pahami dalam pembinaan kehidupan spiritual, hanya anda sendiri yang mengetahuinya.

Banyak para mahluk yang mencoba untuk memahami kehidupan spiritual dengan mencoba untuk tidak melakukan apapun, banyak pula mahluk yang mencoba berbagai macam cara. Walaupun mereka telah mencobanya bertahun-tahun, tetapi akhirnya banyak dari mereka berputus asa karena mereka tetap tidak dapat memahami kehidupan spiritual yang sesungguhnya.

Bagi para mahluk yang terjerat dalam pencarian kehidupan spiritual, jangan membuang-buang waktu dengan percuma. Pahamilah bahwa kehidupan sekarang ini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk mencapai Pencapaian Sejati. Carilah master spiritual yang mempunyai tujuan pandangan kehidupan spiritual yang sama.

 

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.