Home
Back
Info Dharma
Galleria

Membaca Sutra Atau Membaca Mantra
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih SpiritualBagian 7 -  Wisnu Prakasa")

Beberapa umat datang berbincang-bincang tentang sutra dan mantra. Diakhir perbincangan seorang dari mereka menanyakan langsung kepada saya: Manakah yang lebih bermanfaat, membaca sutra atau membaca mantra ?

Keduanya adalah sama baiknya hanya pikiran yang membedakan. Pahamilah bahwa mantra adalah intisari dari sutra. Bilamana tidak ada sutra, maka tidak ada intisarinya yaitu mantra. Begitu pula bila tidak ada mantra sebagai intisari sutra, maka sutra tersebut tidak lagi bermanfaat.

Bila dapat membaca keduanya dengan penuh penghayatan, maka berkah yang sesungguhnya pasti akan didapat. Sayang sekali para mahluk cenderung untuk berlomba-lomba mengumpulkan mantra sebanyak-banyak hanya karena ingin mengejar berbagai macam ilmu-ilmu tertentu. Sungguh suatu kesalah pahaman, jika mantra-mantra suci digunakan sebagai jalan untuk mendapatkan ilmu-ilmu gaib yang tidak abadi.

Di zaman modern ini dimana segala informasi dapat diperoleh dengan cepatnya. Sangat disayangkan semakin sedikit para mahluk yang ingin memperdalami sutra-sutra. Dilain pihak para umat sekarang cenderung untuk selalu ingin mencari jalan pintas hanya dengan berlomba-lomba mengumpulkan mantra sebanyak-banyaknya.

Sehingga mereka sulit untuk dapat menghayati makna sebenarnya yang terkandung didalam mantra. Ketahuilah bahwa untuk memahami mantra yang mereka baca, mereka harus memahami dahulu penjelasan yang ada di dalam sutra.

Bilamana sutra dan mantra telah dapat dipahami dengan sebenarnya, maka untuk melanjutkan pembinaan spiritual ini, dapat dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi. Dimana membaca sutra sebaiknya dilakukan pada tempat atau waktu-waktu tertentu, sedangkan membaca mantra dapat dilakukan hampir disetiap tempat dan setiap saat. Kedua pembacaan masing-masing memiliki kelebihan khusus dalam pembinaan kehidupan spiritual.

 

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.