Home
Back
Info Dharma
Galleria

Menjadi Mahluk Spiritual
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih SpiritualBagian 3 -  Wisnu Prakasa")

Tujuan seseorang mempelajari seni, adalah untuk menjadi seniman. Mereka yang mempelajari ilmu kedokteran untuk menjadi dokter. Mereka yang mempelajari hukum, akan menjadi ahli hukum. Demikian juga mereka yang mempelajari spiritual, untuk menjadi mahluk spiritual.

Seorang dokter mempunyai suatu perbedaan dengan orang awam, karena seorang dokter dapat membantu orang sakit dengan pengetahuannya. Bilamana seorang dokter tidak berbuat dan berpandangan sebagai seorang dokter, maka walaupun dirinya telah menguasai segala macam teknik pengobatan tetapi semuanya tidak akan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. Untuk mengobati para pasien dengan baik seorang dokter haruslah berbuat dan menjadikan dirinya sebagai seorang dokter yang baik terlebih dahulu.

Sebagai mahluk yang mempelajari spiritual, tentunya akan mempunyai kelebihan tertentu sebagai mahluk spiritual yang tidak dimiliki oleh mahluk lainnya. Demikian pula untuk menjadi mahluk spiritual yang baik, kita harus berbuat dan menjadikan diri kita sebagai mahluk spiritual yang baik. Sebagai mahluk spiritual yang baik tentunya kita tidak akan merendahkan diri kita dengan berbuat sesuatu yang bertentangan dengan kehidupan spiritual. Bilamana kita dapat memahami dan melaksanakan terus apa yang telah menjadi tugas dan kewajiban kita, maka segala macam pengetahuan dan latihan yang telah kita pelajari akan dapat bermanfaat bagi diri kita dan para mahluk lainnya.

 

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.