Home
Back
Info Dharma
Galleria

Permohonan Ajaran Tertulis
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih SpiritualBagian 5 -  Wisnu Prakasa")

Seorang umat pernah menanyakan kepada saya, Mengapa saya tidak menulis lengkap seluruh ajaran-ajaran Bunda Mulia.

Sesungguhnya, tidak ada maksud dalam diri saya untuk menutup-nutupi ajaran dari Bunda Mulia. Saya hanya memahami dan melihat dari sudut pandangan lain. Jikalau saya merasa penulisan ajaran Bunda Mulia dapat bermanfaat bagi para mahluk lainnya, tentu saya akan lebih giat mengungkapkannya secara tertulis.

Sangat disayangkan, saya masih merasakan banyaknya penghalang untuk mengungkapkan ajaran Bunda Mulia secara tertulis. Saya tidak ingin menciptakan banyaknya guru besar dan master spiritual yang pencapaiannya hanya karena telah mempelajari atau melafal seluruh ajaran tertulis. Semakin banyak yang dipelajari dari ajaran tertulis, semakin besar pula dirinya merasa telah memahami ajaran tersebut. Hal ini akan menjadi penghalang yang semakin besar dalam kehidupan spiritualnya.

Kadang saya tampak cenderung menyarankan kepada para umat untuk melepaskan segala keterikatan akan pengetahuan akan ajaran. Dimana saya lebih menekankan akan pembinaan ajaran spiritual yang lebih utama. Pahamilah bahwa ajaran spiritual bukan sebagai pengetahuan lainnya yang dapat dipelajari hanya dari tulisan, ajaran spiritual hanya sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan spiritual.

Ajaran spiritual yang sebenarnya harus dibina langsung dalam kehidupan spiritual sehari-hari. Dimana para mahluk spiritual yang lebih memahami kehidupan spiritualnya, mereka akan semakin tidak mengetahuinya. Inilah sifat alamiah dari kehidupan spiritual yang sangat sulit dipahami oleh mahluk biasa.

Selain itu adanya keterbatasan kata-kata dan tulisan masih menjadi penghalang terbesar. Bilamana dipaksakan harus tertulis, akhirnya akan membuat para umat mengetahui obatnya tanpa menyadari penyakit yang dideritanya sendiri. Bilamana hal ini terjadi, tentunya akan membuat tidak bagi baik kehidupan spiritualnya.

Dengan mendapatkan bimbingan langsung, para umat dapat merasakan langsung ajaran Bunda Mulia. Sebagaimana mereka sadar meminum sendiri langsung obat untuk menyembuhkan penyakitnya. Dengan mengalami secara langsung menjadi mahluk spiritual, mereka tidak hanya mengerti tetapi juga akan memahami secara langsung kehidupan spiritualnya.

 

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.