Home
Back
Info Dharma
Galleria

Tanda-Tanda Alam
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih SpiritualBagian 5 -  Wisnu Prakasa")

Ada banyak kepercayaan dimasyarakat yang berhubungan tanda-tanda alam. Kepercayaan ini masih banyak dipercaya oleh sebagian masyarakat, dan lebih banyak lagi yang menganggapnya sebagai kepercayaan tahayul.

Seorang yang sedang sakit parah, tiba-tiba didekatnya dihinggapi oleh kupu-kupu maka dipercaya kehidupannya tidak lama lagi.

Bilamana tiba-tiba anjing melonglong lama di tengah malam, masyarakat ditanah Jawa mempercayai akan adanya mahluk halus yang berkeliaran. Demikian pula adanya suara burung hantu atau gagak hitam ditengah malam, yang banyak diartikan sebagai tanda akan datangnya musibah.

Selain tanda-tanda yang diartikan sebagai hal yang tidak baik, adapula tanda-tanda alam yang diartikan sebagai pembawa berita yang baik. Suara binatang toke (Sejenis kadal), banyak dipercaya akan adanya kabar gembira atau keberuntungan yang datang.

Banyak cerita tentang pengalaman dari guru spiritual dimasa lampau dapat mengetahui akan kedatangan tamu khusus atau kejadian lain sebelum terjadi hanya dengan melihat tanda-tanda alam lainnya seperti: kehadiran kupu-kupu, burung tertentu, atau tanda-tanda lainnya.

Demikian pula raja Wu-Ti yang melihat kehadiran burung walet hijau, sehingga pendetanya dapat mengetahui akan kedatangan Bunda Mulia dalam waktu dekat ini.

Walaupun kebenaran dari tanda-tanda yang terjadi ini sangat sulit dipahami, tetapi bagi mereka yang mempercayainya tentu dapat mempelajari sendiri hubungan kejadian-kejadian tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.

Demikian pula dengan para ahli ilmiah yang mempelajari pengaruh tata-letak bintang dan planet dengan keadaan bumi dan seisinya. Sebagai contoh banyak pula ahli ilmiah yang meneliti dan mempelajari adanya pengaruh daya grafitasi bulan purnama terhadap psikologi dan karakter manusia dan mahluk lainnya, pengaruh gerhana matahari dan bulan terhadap manusia dan mahluk lainnya, dsb.

Saya ingin membagi pengalaman dan pengetahuan tentang kemungkinan timbulnya tanda-tanda alam, yang kadangkala kita sendiri sulit dijelaskannya secara logika dan metoden ilmiah.

Berhati-hatilah bilamana tiba-tiba dirumah anda tercium bau asap menyan dan bau bangkai, bau yang timbul ini biasanya timbul karena adanya kehadiran mahluk halus dari alam bawah. Mahluk halus yang dapat menyebarkan bau menyan dan bau bangkai, sebagian besar merupakan mahluk halus dari alam bawah yang memiliki sifat-sifat negatif dan serakah.

Para mahluk halus alam ini sangat mudah tergiur, sehingga mereka dapat disuruh untuk melakukan perbuatan negatif oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kejadian ini yang sering dikatakan sebagai adanya kiriman ilmu-hitam atau guna-guna.

Cara penanggkalan bagi yang tiba-tiba mencium bau asap menyan dan bau bangkai adalah dengan melakukan sembahyang dan mohon perlindungan kepada Yang Maha Kuasa agar dijauhkan dari segala halangan. Dapat pula ditambahkan dengan dengan mandi air suci atau air Fu, pembacaan doa-doa dan mantra pelindungan.

Banyak pula yang dapat mencium wangi bunga yang segar secara tiba-tiba, walaupun setelah dicek tidak adanya bunga atau sumbernya. Wangi yang tercium ini seperti wangi bunga segar, tetapi sebenarnya wangi ini bukan wangi bunga yang sesungguhnya tetapi wangi lain yang menyerupai wangi bunga. Wangi yang tercium ini oleh otak kita diartikan sebagai wangi yang mirip bunga, sehingga kita menganggapnya sebagai wangi bunga segar. Wangi yang mirip bunga segar ini dapat timbul karena adanya kehadiran dari mahluk halus tingkat tinggi seperti: Dewi-dewi khayangan, malaikat, dewa-dewi tingkat tinggi, roh suci tinggi, dsb.

Timbulnya wangi bunga ini mungkin akan banyak dialami bagi mereka sering bersembahyang, bermeditasi, atau membaca mantra. Hal ini menunjukan adanya suatu respon positif dari kegiatan spiritual, tetapi harus diingat bahwa ada atau tidaknya wangi tersebut bukan sebagai patokan akan tingkat pencapaian spiritual. Janganlah kita menjadi terikat akan wangi-wangi yang timbul, sehingga mereka yang sering mencium wangi tersebut secara tidak langsung akan menjerumuskan kedalam rasa bangga dan kesombongan yang berlebihan.

Seluruh mahluk memiliki energi khusus yang unik, dimana energi ini kadangkala dapat mempengaruhi mahluk lainnya. Seperti adanya kupu-kupu disaat menjelang kematian, dapat terjadi karena adanya energi dari malaikat pencabut nyawa. Secara alamiah, energi dari kehadiran malaikat pencabut nyawa ini dapat tertangkap dan disukai oleh kupu-kupu sehingga tidak mengherankan dapat menarik kehadiran kupu-kupu.

Dharmapala juga mengeluarkan energi khusus yang unik. Dan energi ini kadangkala dapat dirasakan oleh binatang tertentu seperti: kalajengking, laba-laba, tikus, kodok, kumbang, cicak, kaki seribu, dsb. Sehingga, bagi mereka yang berlatih mantra dan puja Dharmapala. Akan terbiasa mengalami dan melihat kehadiran binatang tersebut.

Bila para umat melihat keberadaan binatang tertentu, ketika sedang melakukan pembinaan spiritual. Saya menyarankan untuk tidak diganggu atau dibunuh. Bilamana terasa menganggu, sebaiknya ditangkap dan dilepas dipekarangan atau didepan rumah.Kehadiran binatang-binatang ini terjadi secara alamiah, mereka datang karena menangkap adanya energi yang mereka sukai.

Kejadian lain yang lebih unik, dimana adapula yang ketika melakukan pembinaan spiritual secara tiba-tiba timbul rasa ingin menangis yang luar biasa. Rasa tangisnya timbul seketika, tetapi dirinya tidak mengetahui sebab kesedihannya. Saya katakan bahwa timbulnya rasa ingin menangis yang tidak tertahan ini, sebenarnya disebabkan oleh adanya energi yang mereka terima dan rasakan disaat pembinaan spiritual. Tetapi energi yang timbul dan dirasakan ini, diartikan oleh otak mereka menjadi rasa ingin menangis yang luar biasa.

Rasa ingin menangis yang tidak tertahankan ini bukanlah merupakan suatu tanda negatif, tetapi merupakan suatu berkah luar biasa yang diterima. Rasa inign menangis tanpa sebab ini merupakan salah satu bukti nyata adanya berkah yang ada ketika melakukan pembinaan spiritual.

Bagi yang sering mengalami rasa ingin menangis disaat melakukan pembinaan spiritual, dengan melakukan pembinaan khusus dapat merubahnya menjadi suatu rasa kebahagiaan yang luar biasa. Walaupun sesungguhnya rasa ingin menangis dan rasa kebahagiaan bersumber dari energi berkah yang sama, tetapi otak mengartikannya berbeda.

Berdasarkan pengalaman saya dalam kehidupan spiritual, saya dapat mengemukakan bahwa setiap mahluk memiliki dan memancarkan gelombang energi yang unik. Gelombang energi ini dapat pula ditangkap oleh mahluk lain, sehingga tidak memungkinkan timbulnya tanda-tanda alam yang sebenarnya timbul secara alamiah karena pengaruh gelombang energi tersebut.

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.