Home
Back
Info Dharma
Galleria

Tujuan Pembinaan Roh Sejati
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih SpiritualBagian 5 -  Wisnu Prakasa")

Banyak ajaran-ajaran untuk pembangkitan roh yang telah diturunkan oleh para mahluk suci kepada manusia. Ajaran-ajaran pembangkitan roh diturunkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan umat pada masa tersebut, sehingga para mahluk yang menjalankan pembangkitan roh akan mempunyai tujuan yang berbeda-beda.

Didalam Dharma Mulia, pembinaan pembangkitan Roh berguna sebagai dasar landasan dalam pembinaan spiritual, sehingga dengan roh yang telah terbina akan lebih mudah memahami ajaran Pembinaan Roh Sejati, dan ajaran Pembinaan Kesadaran Sejati.

Di dalam ajaran Pembinaan Roh Sejati dari Bunda Mulia, pembinaan roh termasuk dalam meditasi yang bersifat aktif bergerak (YANG). Dan meditasi bersila merupakan latihan meditasi yang pasif yang diam (IM). Pembinaan meditasi aktif berguna sebagai penunjang pembinaan tubuh, dimana gerakan chi dan kekuatan roh dapat membangkitkan energi chi baik yang positif didalam tubuh sehingga dapat meningkatkan vitalitas tubuh.

Banyak umat yang menanyakan tentang ajaran "Pembinaan Roh" walaupun saya belum menyampaikannya secara langsung kepada mereka. Ternyata banyak pula umat yang telah ikut mendengar tentang keunikan dari ajaran-ajaran pembinaan roh, dan banyak pula yang telah mempelajari sekilas tentang ajaran pembangkitkan roh di Taiwan dan di Amerika dari para guru besar.

Ajaran Pembinaan Roh yang saya dapatkan dari Bunda Mulia, adalah ajaran ‘Pembinaan Roh Sejati’, yang bertujuan untuk membantu para mahluk agar Roh dapat terbangkitkan dari keterperdayaan tubuh dan pikiran. Setelah Roh terbangkitkan, para mahluk membina Roh hingga dapat mencapai alam Roh Suci dari Bunda Mulia Semesta Alam. Roh yang dapat menyatu dalam alam Roh Suci dari Bunda Mulia Semesta alam, dinamakan Roh Sejati. Inilah ajaran yang diturunkan oleh Bunda Mulia, dan dengan dasar ini saya menyebutnya sebagai ajaran "Pembinaan Roh Sejati" dari Bunda Mulia.

Alamiah ajaran pembinaan roh, pada awalnya sangat membingungkan bagi para pemula. Sehingga pengawasan dan bimbingan seorang guru sangat penting dan mutlak. Di dalam tahap awal pembinaan, para pembina roh pasti akan mengalami dan merasakan timbulnya energi-energi yang berbeda-beda. Dengan pengawasan langsung dari seorang guru, maka dapat dibedakan dampak timbulnya energi positif dan negatif.

Keunikan dari pembinaan roh, juga sebagai bukti nyata yang dapat dialami langsung oleh seluruh mahluk akan pembinaan spiritual. Walau pada awalnya para pembina, mereka pasti akan merasakan keanehan, kebingungan, bahkan ketakutan akan timbulnya energi spiritual ini. Tetapi saya mengingatkan bahwa sebenarnya energi yang timbul ini adalah alamiah dan mempunyai penjelasan ilmiah dan logika. Jangan kita takut atau terperdaya dengan proses energi dari awal pembinaan roh yang timbul.

Jangan pula kita terpesona dan terjerat pada timbulnya energi-energi yang demikian. Untuk merasakan energi adalah awal pembinaan yang mudah, tetapi untuk mencapai tingkat Roh Sejati yang sesungguhnya memerlukan suatu pembinaan yang jauh lebih sulit. Dengan demikian janganlah langsung berbangga hati hanya karena telah dapat merasakan energi tersebut. Dimana proses terbangkitnya roh hanya sebagai langkah awal dari perjalan kehidupan spiritual yang sebenarnya.

Pembinaan Roh Sejati dari Bunda Mulia menerangkan bahwa alam Roh hanya dapat dipahami dengan roh, maka alam roh hanya dapat dipahami langsung oleh para mahluk yang telah terbangkitkan Roh-nya. Mereka yang telah terbangkitkan roh-nya dapat mengalami dan memahami secara langsung akan alam roh dalam kehidupan spiritual. Dengan memiliki Roh yang telah terbangkitkan, maka segala pembinaan spiritual lainnya akan lebih mudah dipahami dan dijalani.

Walaupun telah dapat terbangkitkan rohnya, tidak berarti mereka telah lepas dari hambatan. Berhati-hatilah dengan segala kemelekatan akan alam roh, yang akhirnya menghambat tujuan mereka yang sebenarnya yaitu mencapai penyatuan Roh Sejati yang sebenarnya dengan alam Roh Suci dari Bunda Mulia Semesta Alam.

Dengan memiliki Roh yang telah terbangkitkan, maka segala hal-hal yang sebelumnya dianggap sangat mistis, gaib dan penuh misteri akan dapat terungkap dengan sepenuhnya. Mereka yang telah memahami alam Roh akan menyadari kebenaran yang sesungguhnya, sehingga mereka tidak lagi dapat diperdaya oleh hal-hal yang bersifat mistis, gaib, dan misteri dalam alam roh.

Dengan memahami alam Roh yang sesungguhnya, maka mereka tidak lagi akan menganggap rendah atau menjelekan alam roh dan alam-alam lainnya. Semua kebenaran akan alam roh ini, akan dapat dipahami sendiri secara langsung oleh mereka yang telah terbangkitkan rohnya.

Meramal dan berkomunikasi dengan alam roh adalah suatu hal yang wajar dan tidak asing bagi mereka yang telah terbangkitkan rohnya. Tetapi, para pembina ajaran "Pembinaan Roh Sejati dari Bunda Mulia" memahami bahwa tujuan pembinaan Roh Sejati bukan hanya sebatas menjadi peramal ataupun hanya mencari segala macam ilmu-ilmu gaib.

Tujuan pembinaan Roh Sejati adalah mencapai alam Roh Suci dari Bunda Mulia Semesta Alam, sehingga setelah kematiannya Roh Sejati mereka dapat menyatu kembali pada alam Roh Suci dari Bunda Mulia Semesta Alam. Inilah tujuan pencapaian tertinggi dari para umat pembina Ajaran "Pembinaan Roh Sejati dari Bunda Mulia".

Ajaran Pembinaan Roh Sejati dari Bunda Mulia, pertama kali saya dapatkan langsung dari Bunda Mulia, dan didampingi oleh guru saya, Wanita Berjubah Biru. Selanjutnya, atas petunjuk dari Bodhisattva Danau Biru. Ajaran Pembinaan Roh Sejati dari Bunda Mulia, hanya dapat saya ajarkan dan jelaskannya kepada mereka yang benar-benar bertekad membina kehidupan spiritual.

 

— Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun —

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright © 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.