Home
Back
Info Dharma
Galleria

Vihara Sejati Yang Sebenarnya
(dikutip dari buku "Kisah-Kasih Spiritual -  Wisnu Prakasa")

Membangun vihara sebagai tempat Budha Dharma dan Sangha, dan dapat membantu dan membimbing para mahluk dari yang kurang baik jadi lebih baik, dari baik jadi lebih baik lagi. Vihara yang di bangun, tidak akan memilih dan mengundang umat yang baik, dan melarang dan tidak menerima umat yang tidak baik, atau sebaliknya. Dengan demikian, Vihara selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh umatnya tanpa perbedaan.

Selanjutnya dalam pembinaan spiritual, kita harus dapat pula membangun vihara sejati yang sebenarnya. Vihara sejati ini bukan sebatas bentuk vihara yang kita bangun dalam bentuk bangunan gedung. Vihara sejati ini adalah vihara yang harus kita bangun dengan fondasi pembinaan spiritual.

Vihara Spiritual yang sebenarnya ini adalah Tubuh, Ucapan, dan Kesadaran sendiri. Dimana Kesadaran sebagai Budha, Ucapan sebagai Dharma, dan Tubuh sebagai Sangha. Sebagai pembina spiritual, yang setiap hari melatih Tubuh, Ucapan, dan Kesadaran dalam kehidupan sehari-hari, sesungguhnya mereka telah membangun vihara spiritual yang sebenarnya dalam diri. Sehingga setiap saat dan dimana saja, mereka selalu menjadi satu kesatuan didalam Budha-Dharma-dan Sangha.

Seperti halnya vihara-vihara yang ada diluar tubuh, yang selalu memberikan pelayanan welas asih untuk membantu dan membimbing para umat tanpa perbedaan.

Demikian pula vihara spiritual dalam diri, sehingga Tubuh, Ucapan, dan Kesadaran kita harus selalu sesuai dengan gambaran welas asih yaitu membantu para mahluk dari yang kurang baik jadi lebih baik, dari baik jadi lebih baik lagi tanpa harus membedakan.

Sehingga, orang-orang  yang telah berbuat kebaikan disekitar kita, akan kita layani dengan baik. Demikian pula orang-orang yang berbuat kurang baik, akan kita layani lebih baik lagi. Sehingga yang telah baik menjadi lebih baik, dan yang kurang baik akan menjadi baik. Inilah jalan pembinaan para mahluk spiritual yang telah memiliki Vihara Sejati dalam diri.

Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.