Home
Back
Info Dharma
Galleria

Yang Dipuji Dan Yang Dicurigai
(dikutip dari buku "
Kisah-Kasih Spiritual -  Wisnu Prakasa")


Hujan lebat yang tidak berhenti-henti selama beberapa hari, menimbulkan kekuatiran bagi penduduk desa di jawa. Banyak pula keluarga yang telah mengungsi kedesa lainnya, karena khawatir ketinggian air yang semakin meninggi.

Tampak satu keluarga yang memelihara banyak ayam, mereka tidak mungkin untuk membawa seluruh ayam-ayam mereka.
Anak lelaki tertua keluarga ini menyarankan ayahnya: ”Pak, sebaiknya kita meninggikan kandang-kandang ayam, dan memindahkannya di pekarangan belakang. Bila tidak, saya khawatir ayam-ayam kita akan dicuri oleh maling disaat kita mengungsi.”

Lalu mereka berdua bekerja meninggikan kandang-kandang ayamnya. Tetangga sebelah rumah mereka juga menyarankan hal yang sama dan menyarankan kepada mereka agar tidak lupa untuk menaruh makanan ayam yang lebih banyak agar ayam-ayam tersebut tidak kelaparan.

Setelah seluruhnya selesai dikerjakan, lalu mereka bersiap diri untuk mengungsi ke saudaranya di desa lainnya. Sebelum berangkat pergi, mereka juga memberikan makanan yang lebih sesuai dengan pesan tetangganya.

Disaat mereka mengungsi di rumah saudaranya, ternyata sekelompok pencuri mengetahui kepergian keluarga tersebut dan para pencuri mengambil seluruh ayam-ayam mereka.

Akhirnya air telah surut, dan keluarga ini kembali kerumahnya. Mereka menemukan seluruh ayamnya telah hilang. Sang ayah sangat memuji anak lelakinya karena kebenaran perkataannya, dan sang ayah juga mencurigai bahwa yang mencuri ayam-ayam mereka adalah tetangga mereka sendiri.

Dua orang mengatakan hal yang sama, tetapi sang ayah mempunyai perasaan yang berbeda. Keterikatan keluarga dan hubungan akrab kadang membuat kita bertindak berat sebelah. Tanpa disadari, kita selalu terjerumus kedalam keadaan yang seperti ini. Inilah salah satu tipuan pikiran yang selalu memperdaya kesadaran manusia.
( Disadur dari Kisah Tao Clasik )

 

— Namo Uci Yauw Ce Cin Mu Ta Thien Cun —

 


  Dharma Center 'BUNDA MULIA' 
Jakarta, INDONESIA

  Vihara 'Yauw Ce Cin-Mu'  
Hua Lien, TAIWAN.

Copyright © 2001 Yayasan Dharma Mulia Persada Indonesia. All rights reserved.